Luar biasa....!!!Ternyata Limbah Elektronik Mengandung Emas


Emas...Siapa yang tak mau jika diberi benda yang memiliki nilai sangat tinggi ini.
Ternyata kandungan emas dapat ditemukan di peralatan elektronika. Seringkali di rumah kita terdapat barang -barang elektronika yang sudah tidak terpakai lagi, ntah itu ponsel, televisi, komputer dsb.
Kenapa di barang-barang elektronik sering memiliki kandungan emas tak lain dan tak bukan adalah karena sifat dari emas tsb yang merupakan bahan terbaik untuk menghantarkan arus listrik.
Limbah elektronika yang seringkali mengandung bahan dasar emas antara lain Seperti pada PCB komputer , PCB Handphone, Prosesor, Ram, Mother board/main board, hard disk , Soket – soket pada komputer, IC (Integrated Circuit), kartu chip, memori dan masih banyak komponen lainnya

Terkadang kita menjumpai ada orang yang keliling dari rumah ke rumah untuk membeli HP rusak. HP yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi dapat dijual dengan harga murah daripada harus dibuang. Kita mungkin bertanya-tanya untuk apa dia mau membeli hp rusak tersebut, sedangkan kita sudah ke sana kemari mencari teknisi hp dan tidak ada yang sanggup memperbaiki hp tsb.
Jawabannya adalah bahwa hp tersebut akan dilebur untuk mendapatkan kandungan emasnya.

Intinya setiap peralatan elektronik memiliki kandungan emas yang berbeda-beda.
Apalagi di era selluar data saat ini, demi mencari harga yang murah pelanggan selalu membeli simcard paket data kemudian ketika paket data habis, simcard pun dibuang. Siapa sangka di simcard yang terbuang itupun juga terdapat kandungan logam mulia.
Bahkan dengan cukup banyaknya limbah elektronik yang terbuang percuma padahal diketahui di sana terdapat kandungan emas, maka sebuah perusahaan di Singapura bahkan bergerak di dalam pengolahan limbah elektronik ini untuk menghasilkan emas.
Selain didapatkan emas, dari hasil pengolahannya juga didapatkan perak dan tembaga.



Begitu juga sebuah perusahaan di Jepang bahkan mengeluarkan statement yang cukup mengejutkan bahwa kartu SIM dan telefon seluler bekas merupakan tambang emas yang benar-benar hebat bahkan lebih hebat dari tambang emas yang sebenarnya. Jika dari satu ton material yang diambil di penambangan emas konvensional hanya didapat 5 gram emas, maka dari satu ton telefon seluler bekas yang dilebur bisa dapat 30 kali lipat atau setara dengan 150 gram emas.

Di negara kita sendiri juga sudah berdiri perusahaan sejenis. Di Batam telah berdiri perusahaan pengolahan limbah elektronik, yakni PT Citra Asia Raya (PT CAR). Perusahaan ini adalah satu-satunya perusahaan pengolahan limbah elekrtonik di tanah air. Kenapa didirikan di Batam, tak lain adalah karena Batam merupakan kota yang pertumbuhan industri elektroniknya cukup baik dan tentunya limbah elektroniknya cukup banyak.

Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat dari video berikut ini.




No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *